0
Semua Kategori

AYO BERJUALAN DI MALL ONLINE TERBESAR
DI INDONESIA

Mulai berjualan sekarang!

Kembangkan bisnis Anda dengan Lazada

  • CAPAI 260 JUTA CALON

    PEMBELI POTENSIAL

  • 15,000

    PENJUAL AKTIF

  • PEMASARAN DAN ANALISIS DATA

    UNTUK MEMBANTU MENGEMBANGKAN BISNIS ANDA

3 Langkah Mudah untuk Menjadi Penjual di Lazada

Langkah 1: Melengkapi dan Memberikan Dokumen yang Diperlukan

Lengkapi formulir pendaftaran

Berikan dokumen yang diperlukan, yaitu
- Soft copy surat izin bisnis Anda; atau Soft copy KTP Anda,
- Soft copy dokumen rekening Bank Anda (Buku Tabungan/ Rekening Koran)

Baca, setujui dan tandatangani Perjanjian Penjual

Langkah 2: Aktifkan Akun Anda

Aktifkan akun Seller Center untuk mengelola toko Anda dengan mudah

Anda juga dapat mengikuti semua sesi pelatihan yang kami sediakan untuk penjual baru

Langkah 3: Daftarkan Produk Anda dan Mulai Berjualan!

Unggah satu produk dan mulai berjualan. Lihat "Bagaimana cara cerdas berjualan di Lazada" untuk tips dalam mengunggah produk dan mempermudah Anda menjualnya

KISAH PENJUAL SUKSES KAMI

Simak cerita dari penjual kami bagaimana mereka memanfaatkan dukungan Lazada untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis online.

LIHAT KISAHNYA

DENGAR CERITA DARI LEADER LAZADA

Masa Depan Bisnis E-Commerce Indonesia Sangat Positif

"Menurut saya, secara umum prospek industri e-commerce di Indonesia sangat positif. Untuk dapat terus bertahan dalam industri ini para pemain e-commerce dituntut untuk mampu memikat penjual juga konsumen. Diperlukan strategi jangka panjang untuk menjangkau pelanggan, antara lain dengan membantu penjulan untuk melakukan pengiriman yang terpercaya dan cepat kepada konsumennya. Sementara dari sisi lain, e-commerce juga dituntut untuk membuat pengalaman berbelanja online yang menyenangkan dan memberikan kepuasan kepada konsumennya"

~ Florian Holm, CEO Lazada Indonesia

LIHAT LAINNYA

Bagaimana Cara Cerdas Berjualan di Lazada

Daftarkan Produk Anda

Langkah pertama yang paling penting adalah menciptakan konten yang baik dan mendaftarkan produk Anda. Kualitas gambar yang baik dan penjelasan produk yang lengkap akan mendorong pelanggan untuk meng-klik produk Anda dan membelinya.

Selengkapnya

Mengelola Penjualan Anda

Ada banyak cara untuk memaksimalkan penjualan Anda. Selain menawarkan produk dengan harga yang kompetitif, Anda dapat bergabung dalam program promosi Lazada untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan pelanggan ke toko Anda. Agar barang dapat terjual lebih banyak lagi, Anda juga dapat mengoptimalkan kata kunci pencarian di nama produk dan memastikan bahwa produk Anda telah terdaftar dalam kategori yang tepat.

Selengkapnya

Tentang Pengiriman

Lazada hadir untuk Anda. Kami siap membantu Anda agar proses pengiriman menjadi lebih mudah. Anda dapat memilih opsi bantuan dari para profesional di Lazada untuk menangani operasional harian di toko Anda, atau memanfaatkan berbagai dukungan lainnya seperti mempelajari lebih lanjut tentang pengemasan, cara memilih penyedia jasa pengiriman yang tepat, dan masih banyak lagi.

Selengkapnya

Pembayaran

Tidak ada biaya untuk mendaftarkan produk Anda di Lazada. Anda tidak diharuskan untuk membayar apapun sampai ada barang yang terjual. Saat barang terjual, Anda akan menerima hasil penjualan setiap minggu, tepatnya 7 hari setelah pesanan dikirimkan.

Selengkapnya

KISAH PENJUAL SUKSES KAMI

Simak cerita dari penjual kami bagaimana mereka memanfaatkan dukungan Lazada untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis online.

Bersama Lazada, usaha saya berkembang sangat cepat, saat ini saya sudah bisa membeli rumah dan mobil. Dari situ saya mulai yakin bahwa Lazada adalah Marketplace yang menjanjikan dan saya bertekad untuk lebih fokus disana. Hal lain yang paling penting adalah produk-produk UKM ditempat saya sudah bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan Asia.

Tidak puas dengan pekerjaan sebelumnya, Dedy memutuskan untuk memulai bisnis online setelah berdiskusi dengan teman baiknya. Bagi Dedy, bergabung dengan Lazada memberikan akses kepada berbagai hal yang terus meningkatkan performa bisnisnya, didukung juga oleh Seller Center yang mudah untuk digunakan.

DENGAR CERITA LEADER KAMI

Masa Depan Bisnis E-Commerce Indonesia Sangat Positif

“Menurut saya, secara umum prospek industri e-commerce di Indonesia sangat positif. Untuk dapat terus bertahan dalam industri ini para pemain e-commerce dituntut untuk mampu memikat penjual juga konsumen. Diperlukan strategi jangka panjang untuk menjangkau pelanggan, antara lain dengan membantu penjulan untuk melakukan pengiriman yang terpercaya dan cepat kepada konsumennya. Sementara dari sisi lain, e-commerce juga dituntut untuk membuat pengalaman berbelanja online yang menyenangkan dan memberikan kepuasan kepada konsumennya”

~ Florian Holm, CEO Lazada Indonesia

Selengkapnya

E-Commerce Telah Menjadi Pilihan Utama Dalam Berbelanja

"Melihat hasil yang luar biasa pada saat Online Revolution Lazada tahun ini, jelas menunjukkan bahwa e-commerce telah menjadi salah satu pilihan utama (mainstream) dalam berbelanja yang mampu mencapai lebih banyak konsumen di Indonesia dibandingkan tahun sebelumnya. Kami sangat senang dan bangga karena kami dapat mendukung para UKM untuk tumbuh lebih besar dalam waktu yang cepat. Pada tanggal 11 November saja sebagian dari penjual kami mampu memperoleh kenaikan penjualan hingga 16 kali dari biasanya."

~ Florian Holm, CEO Lazada Indonesia

Selengkapnya

Lazada University

Kami menawarkan kelas online dan offline untuk semua penjual yang berisi berbagai informasi mendasar, mulai dari cara berjualan online hingga modul panduan canggih untuk meningkatkan kinerja penjualan toko Anda di Lazada.

Selanjutnya

Seller Center

Merupakan Platform (sarana komunikasi dan pembelajaran) yang lengkap dengan segala sesuatu yang Anda butuhkan untuk mengelola toko Anda. Kami memudahkan Anda untuk berjualan dan juga menambah ilmu. Jadilah bos bagi diri Anda sendiri dan lihat bagaimana bisnis Anda berkembang.

Selanjutnya

Support Center

Anda dapat menemukan jawaban atas pertanyaan Anda secara langsung atau menghubungi tim Partner Support untuk bantuan.

Selanjutnya

Layanan Marketplace

Anda baru mulai berjualan online? Atau memiliki kendala sumber daya? Lazada akan menghubungkan Anda dengan para ahli untuk membuat usaha Anda berjualan di Lazada menjadi lebih mudah!

Selanjutnya

Fulfillment by Lazada

Anda yang menjual, kami yang mengantar. Dengan layanan ini, kami yang akan membantu Anda mengurus proses pemenuhan pesanan dari awal hingga akhir.

Selanjutnya

Instag-Shop Lazada

Jika Anda menjual produk fashion, jam tangan, kacamata, perhiasan dan barang-barang traveling di Instagram, melalui Instag-Shop Lazada, Anda dapat menciptakan produk-produk tersebut di platform Lazada hanya dalam waktu 30 detik. Tidak perlu repot dan super cepat [Segera Hadir!]

Lazada yang merupakan platform belanja online terbesar di Asia Tenggara dapat memasarkan produk Anda ke lebih dari 259 juta potensial pelanggan se-Indonesia setiap bulan. Para top-seller terbaik kami telah menjual lebih dari 1000 produk setiap harinya.

Siapapun yang memiliki KTP Indonesia dan akun bank bisa berjualan di Lazada Indonesia.

Anda harus memiliki barang-barang berikut ini:

i. Soft copy KTP Anda
ii. Soft copy dokumen akun Bank Anda (Buku Tabungan/ Laporan Bank)
iii. Minimal satu produk dengan stok yang tersedia di Indonesia

Proses pendaftaran hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Setelah selesai, Anda dapat menyelesaikan sesi pelatihan khusus seller baru ataupun menonton video tutorial kami, mulai meng-upload produk Anda dan mulai berjualan.

Tidak ada biaya pendaftaran maupun pemeliharaan, hanya ada biaya layanan pembayaran sebesar 1.3% per transaksi.

Anda harus mendaftarkan sedikitnya satu SKU sebelum bisa live.

Anda bisa menemukan informasi lebih lanjut di Lazada University, yang merupakan pusat pendidikan e-Commerce, pelatihan dan sumber daya lainnya untuk meningkatkan performa seller kami. Kunjungi Lazada University hari ini untuk cari tahu lebih banyak!

Berjualan ke seluruh wilayah Asia Tenggara di Lazada bisa dilakukan. Untuk menjual ke wilayah Asia Tenggara dengan Lazada, sebuah entitas bisnis terpisah harus sudah terbangun di negara-negara selain Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina dan Vietnam. Kunjungi www.lazada.com/sell untuk info lebih lanjut.

Seller Center Lazada merupakan platform online yang membuat seller dapat mengatur dan mengoperasikan toko e-Commerce mereka.

Silakan mengacu pada Lazada University atau klik link berikut untuk panduan lengkap mengenai Seller Center Lazada.

Pertama-tama, Anda harus memilih sebuah kategori untuk produk Anda. Selanjutnya, Anda akan dianjurkan untuk mengisi berbagai atribut produk, termasuk gambar. Detail atribut produk dapat membantu Anda dalam mendapatkan perhatian pelanggan lebih baik. Setelah menyelesaikan proses ini, produk Anda akan terbuat dan diarahkan ke Pemeriksaan Kualitas (QC) hingga dalam 48 jam.

Saat ini terdapat dua metode untuk meng-upload produk:

i. Upload satuan satu-per-satu (single upload)
ii. Upload masal (mass upload)
iii. Upload lewat API

Anda harus mengisi berbagai atribut wajib yang spesifik sesuai kategori produk, merancang deskripsi produk yang informatif dan meng-upload gambar menarik untuk produk Anda. Semua informasi dan sumber pelatihan terkait pembuatan konten tersedia di Lazada University. Klik disini sekarang untuk informasi lebih lanjut.

Lazada University memberi program pelatihan yang ditargetkan untuk meningkatkan keahlian seller kami. Kunjungi Lazada University hari ini juga untuk mencari tahu bagaimana Anda bisa meningkatkan performa.

Anda akan menerima sebuah email notifikasi lewat email yang terdaftar di Lazada ketika sebuah pesanan diterima.

Begitu pesanan diterima, Anda dapat memenuhi pesanan dengan:

i. Mencetak daftar stok, invoice dan label pengiriman
ii. Mempersiapkan barang yang dipesan
iii. Mengemas barang berdasarkan panduan pengemasan Lazada iv. Mencetak bukti pengiriman (carrier manifests)

You will be able to view your order summary in Lazada Seller Center’s home page under the Orders tab.

Anda bisa melihat ringkasan pesanan Anda di halaman utama Seller Center Lazada di bawah tab Pesanan. Jika ingin tahu lebih lanjut, silakan kunjungi laman FAQ berikut.

Bisakah saya menggunakan jasa pengiriman pribadi untuk pesanan di Lazada? Tracking pesanan merupakan hal yang vital demi kepuasan belanja pelanggan. Saat ini, sistem kami hanya dapat melacak pesanan yang dikirim lewat jasa 3PL (Third Party Logistic) resmi. Bagaimanapun, kami juga memperbolehkan pengiriman barang bernilai tinggi, besar, cairan, voucher dan barang yang membutuhkan pemasangan menggunakan armada Anda sendiri. Untuk mendaftarkan armada pengiriman Seller, silakan kirimkan email ke partnersupport@lazada.co.id

Semua jasa pengiriman di Indonesia akan melakukan usaha 3 kali pengiriman. Apabila semua usaha tersebut gagal, maka jasa pengiriman akan mengirimnya kembali pada seller dengan SLA sekitar 2 minggu.

FBL merupakan layanan pemenuhan milik Lazada. Lazada yang mengurus pemenuhan pesanan Anda dari A sampai Z.

Untuk menikmati layanan FBL kami, Anda hanya perlu memiliki akun Seller Center yang aktif. Untuk mendaftar layanan FBL silakan kunjungi laman FBL berikut.

Apabila SKU-nya adalah bundle, barang harus dikemas bersamaan.

Anda harus memberikan barang bersamaan dengan dokumen berikut:

i. Fotokopi Pemenuhan Order (FO)
ii. Pengiriman Order (DO) (termasuk nomor FO, nama toko, SKU, kuantitas, alamat gudang Lazada)

Lazada berhak untuk menolak produk inbound apapun apabila barangnya tidak dikemas dalam kemasan yang tidak disegel.

Mohon kunjungi Lazada University untuk memahami lebih lanjut mengenai FBL.

Seller diasumsikan dapat menikmati order dan pendapatan dengan jumlah yang lebih besar selama promosi campaign Lazada ini:

i. Campaign net order harian adalah 7x dari rata-rata net order harian
ii. Lebih dari 5,5x dari penjualan rata-rata per hari
iii. Pengunjung Campaign 5x lebih banyak vs. pengunjung rata-rata per hari
iv. Pendapatan tertinggi dicapai pada saat campaign

Setidaknya lima promosi dalam sebulan dan dapat bisa lebih dari itu, terutama selama musim liburan.

Semua promosi campaign yang aktif dapat ditemukan di halaman utama Seller Center atau di bawah tab Promosi. Mohon kunjungi halaman FAQ kami untuk mempelajari lebih lanjut.

Setelah memilih campaign yang Anda ingin ikuti, kirimkan produk-produk Anda untuk di taruh pada daftar yang ada di promosi. Mohon menaruh spesifikasi jumlah minimum diskon pada setiap promosi.

Produk Anda harus melewati proses Pengecekan Kualitas (QC), maka daftarkan produk Anda lebih awal agar memiliki waktu yang cukup untuk dapat bersiap-siap untuk campaign. Ketika produk yang sudah dikirimkan disetujui, cukup tunggu order yang masuk selama campaign!

Syarat dan Ketentuan seller dapat ditemukan di Kebijakan Perjanjian yang dikirimkan ke Anda via email setelah Anda melengkapi registrasi Anda.

Tidak ada komisi pada penjualan untuk seller di Indonesia.

Lazada menganggap serius keaslian produk dan berusaha untuk melindungi hak pemilik dari hak cipta atau pelanggaran merek. Sebagai contoh, penjualan barang palsu dan replika sangat dilarang di Lazada. Sebagai tambahan, jika Anda harus menggunakan gambar atau video dari sumber lain, mohon meminta izin terlebih dahulu ke pemilik atau pembuatnya.

Untuk informasi selanjutnya mengenai barang yang dilarang, klik disini.

Di Lazada, pembeli dberikan pilihan untuk mengembalikan produk karena hal berikut:

i. Produk rusak atau cacat
ii. Produk tidak sama seperti yang diiklankan
iii. Salah produk atau barang
iv. Berubah pikiran

Pembeli diberikan sampai 14 hari dari saat menerima produk untuk mengisi formulir Online Returns dan mengembalikan produk.

Untuk informasi selanjutnya mengenai Kebijakan Pengembalian Lazada, mohon kunjungi Lazada University atau klik disini.

Pembayaran Anda akan ditransfer melalui bank transfer ke bank yang berada di detail Akun Seller Center Anda.

Sejak December, Lazada Indonesia akan memakai siklus pembayaran mingguan. Seminggu penuh, termasuk Sabtu dan Minggu akan dibayarkan pada Rabu berikutnya.

Contoh: Semua order yang dikirim antara tanggal 5-11 Desember akan dibayarkan pada 14 Desember.

Jadwal pembayaran dari Lazada akan dilakukan dalam waktu beberapa hari dan bukan pada hari itu juga, tergantung pada bank. Seller dapat melihat Laporan Akun pada Seller Center Lazada untuk melihat apakah mereka akan mendapatkan pembayaran apapun.

Untuk bantuan selanjutnya, Anda dapat menghubungi tim partner support kami pada 0218063021 atau menghubungi partnersupport@lazada.co.id .