Lampu Pencahayaan Aquarium

8827 barang ditemukan dalam Pencahayaan
Kategori yang Berhubungan

Seller Picks

Pencahayaan Akuarium

Pencahayaan akuarium merupakan hal mutlak yang wajib dipenuhi. Cahaya dimanfaatkan sebagai pengganti cahaya matahari untuk melakukan proses fotosintesis padaaquascape agar tanaman bisa tumbuh dengan baik di dalam akuarium. Hal ini tentu saja membantu kelangsungan hidup tanaman di dalam akuarium yang juga berpengaruh pada ikan-ikan yang ada di dalamnya. Cahaya pada aquascape ini diperoleh dari lampu di dalamnya yang berkapasitas tertentu sesuai kebutuhan dan tingkat kedalaman akuarium itu sendiri. Pencahayaan aquascape ini tak hanya asal terang saja, melainkan juga bagaimana caranya agar menjangkau keseluruhan area pada akuarium, serta dapat memberikan efek positif bagi kelangsungan hidup aquascape itu sendiri.

Proses Pencahayaan Akuarium

Biasanya digunakan LED, metal halide, dan lampu neon sebagai sumber cahaya. Selain itu, pemasangan pada lampu neon sendiri biasanya diletakkan dengan jarak 10 cm dari bagian permukaan air. Sementara metal halide dan LED sendiri diletakkan 30 cm dari jarak permukaan air. Sedangkan pemakaian sinar matahari secara langsung sendiri, biasanya membuat akuarium menjadi lebih mudah berlumut. Adapun durasi pencahayaan akuarium umumnya di minggu-minggu awal selama 5 jam/hari, sesudah itu penyinaran minimal dilakukan sekitar 8-10 jam, menyesuaikan kebutuhan tanaman. Jika penyinaran pada tanaman kurang, akan menghambat pertumbuhan tanaman itu sendiri, imbasnya menjadi tidak sehat dan kerdil. Sementara daun-daun pada tanaman pun menjadi lebih kusam akibat tertutup lumut.

Jenis-Jenis Lampu Untuk Aquascape

T5 – Fluoroscent. T5 merupaakan teknologi terbaru dari metal halida. Lampu T5 ini lebih terang dan tipis, bisa dikatakan masih saudara dengan T8 Fluoroscent. Lampu ini bisa mengeluarkan daya tinggi yang disalurkan ke akuarium secara merata. Hal tersebut membantu meningkatkan kesehatan tanaman secara keseluruhan sekaligus membantu pertumbuhan tanaman di seluruh akuarium. Lampu T5 ini harganya cukup wajar/terjangkau, tapi harga bola lampu yang khusus bisa dikatakan sangat mahal. Keuntungan Lampu T5 fluoroscent ini lebih terang dan lebih tipis, hanya saja kekurangannya biaya awal pada lampu bisa lebih mahal. Tak menimbulkan efek beriak, serta kurang efisien dibanding perlengkapan LED.

Metal Halide. Metal Halide memiliki tingkat keterangan mulai dari 100 hingga 400 watt. Halida merupakan sumber cahaya satu-satunya yang bisa memberikan efek cahaya berkilauan pada akuarium. Bagian bawah Metal Halida menjadi panas saat digunakan, serta harus digantung di atas tangki. Model klip pada Metal Halida lebih mudah dipasang. Sejak diluncurkannya teknologi LED, secara perlahan Metal Halida mulai tersingkir sebab kurang ekonomis.

Lampu LED. Lampu LED merupakan teknologi pencahayaan akuarium terbaru yang hadir dalam perlengkapan akuarium. Lampu LED ini didukung dengan teknologi yang telah disetting untuk membantu pertumbuhan tanaman secara indoor. LED menjadi lebih maju dan lebih murah dibanding metal halide atau T5. LED yang memiliki watt tinggi dengan tingkat pencahayaan yang sangat terang serta bisa dikombinasikan oleh lensa pada tangki bagian dalam. Kelebihan lampu LED ini efisien, sebab hanya memerlukan daya lebih sedikit pada pencahayaan yang serupa.

Jual Pencahayaan Akuarium Terbaik hanya di Lazada.co.id

Pentingnya sumber pencahayaan akuarium, menuntut Anda untuk memilih lampu aquascape yang tepat. Lazada.co.id jual berbagai macam lampu akuarium terbaik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Harga pencahayaan akuarium yang ditawarkan di Lazada.co.id juga bervariasi, sehingga mempermudah Anda mendapatkan harga yang sesuai. Selain itu, cara pembayarannya pun sangat mudah, Anda bisa melakukan sistem pembayaran dengan transfer, COD, atau via kredit card di Lazada!